Manfaatkan Aplikasi Quizizz sebagai Sarana Pembelajaran

Tanjungbalai (Humas). WKM Kurikulum Ema Iriani Hudaya, S.Pd memberikan hasil pelatihannya mengenai Quizizz beberapa minggu yang lalu kepada sepuluh Guru MAN Tanjungbalai tahap I di Laboratorium Komputer MAN Tanjungbalai, Sabtu (12/2)

Kegiatan tersebut dihadiri Kepala MAN Tanjungbalai, Kepala Urusan Tata Usaha dan seluruh Wakil Kepala Madrasah MAN Tanjungbalai.

Ema Iriani Hudaya sebagai Narasumber menjelaskan Quizizz merupakan sebuah web tool untuk membuat permainan kuis interaktif yang digunakan dalam pembelajaran di kelas. Kuis interaktif yang dibuat memiliki hingga 4 pilihan jawaban termasuk jawaban yang benar dan dapat ditambahkan gambar ke latar belakang pertanyaan.

Lebih lanjut Ia mengatakan dengan quizizz peserta didik nantinya akan merasa ditantang, karena ada skor yang diperoleh dengan menjawab secara cepat dan tepat, kecepatan menjawab akan ada skor sendiri. Selain itu akan ada persaingan, karena quizizz langsung membuat ranking yang bersifat live antar peserta quizizz. Quizizz menyenangkan karena ada suasana musik sehingga dapat menambah semanagat dalam bermain.

Bukan hanya itu quizizz memiliki kelebihan yaitu siswa tidak dapat mencontek sesama temannya, karena soal yang diberikan kepada siswa satu dengan yang lainnya telah diacak. Soal bisa dibuat dengan ketentuan waktu tertentu yang membuat siswa tidak punya kesempatan untuk bertanya dengan orang sekitar atau melihat buku catatan miliknya. Setelah mengerjakan kuis, siswa dapat mengetahui rangking yang dia dapat dari keseluruhan siswa yang mengerjakan soal tersebut. tidak hanya itu, siswa juga mengetahui soal dan jawaban yang betul dari soal yang telah dikerjakannya.

Sementara itu, Kepala MAN Tanjungbalai Khoirul Amri Hasibuan, S.Pd, M.Pd mengatakan banyak media pembelajaran yang telah disuguhkan, yang bisa diterapkan oleh guru, salah satunya yaitu media pembelajaran berbasis permainan,tentu juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana menyampaikan materi dalam proses pembelajaran yaitu untuk mengukur pemahaman siswa selama mendapatkan materi yang telah diajarkan melalui aplikasi Quizizz.

Guru juga harus memiliki keterampilan dalam menggunakan berbagai media pembelajaran, menguasai dan memanfaatkan teknologi informatika yang mendukung pembelajaran yang inovatif, kreatif dan menyenangkan sehingga dapat menerapkan Technological Pedagocal Content Knowledge (TPACK) dalam pembelajaran.

Ia berharap semoga guru yang mengikuti pelatihan pada hari ini dapat mengikutinya dengan serius dan nantinya dapat diimplemetasikan kepada peserta didik. (Ans)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *